9 Pelajaran yang Bisa Diambil oleh Anak Dari Bermain

Masih banyak orang tua yang menganggap bermain adalah hal yang sia-sia atau membuang waktu bagi anak. Tapi ternyata bermain adalah aspek penting dalam pembelajaran sang anak. Kira-kira pelajaran apa saja yang bisa diambil dari bermain? Yuk simak lengkapnya!

Orang tua harus memanfaatkan setiap kesempatan kecil untuk terlibat dalam bermain interaktif dengan anak mereka, terutama dalam situasi di mana interaksi fisik dibatasi oleh peraturan Covid-19. Karen bermain akan memberi kesempatan bagi anak untuk menggunakan kreativitasnya dan juga mengembangkan kemampuan imajinasi, kognitif, fisik, dan emosional. Saat bermain, anak akan belajar dengan menggunakan semua panca indera yang ia miliki. Cara belajar anak saat bermain diantaranya adalah dengan melihat, mendengar, menyentuh, mencium, mengecap.

Nah, pada kesempatan kali ini tim Aku Bisa akan menjelaskan beberapa pelajaran yang bisa diambil oleh anak dari bermain . Yuk langsung saja kita simak lebih lengkapnya.

Untuk Perkembangan Fisik Tubuh

Bermain melibatkan gerakan tubuh yang terkoordinasi, yang meningkatkan keterampilan motorik, membangun otot dan mendorong perkembangan fisik tubuh. Dengan bermain, anak-anak dapat berkembang secara fisik hingga potensi genetik mereka sepenuhnya. 

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Semua proses kognitif memungkinkan seseorang untuk berhubungan, mengevaluasi, dan memperhitungkan situasi untuk belajar darinya nanti. Bermain dengan mainan tertentu dan terhubung dengan kelompok sebaya nantinya dapat meningkatkan kognisi dan kecerdasan yang lebih tinggi. Interaksi dengan kelompok sebaya yang sama-sama memiliki keingintahuan yang besar dan bermain dengan mainan yang menantang atau menggairahkan fungsi otak dapat membantu pertumbuhan otak yang meningkatkan kognisi.

Meningkatkan Imajinasi

Bermain meniru sesuatu atau seseorang dan menceritakan kisah imajinatif akan mendorong pemikiran kreatif dan pemikiran yang bervariasi. Permainan tidak terstruktur yang bebas dari aturan dan batasan memungkinkan seorang anak untuk menjelajahi dunianya dengan caranya sendiri yang unik lalu mengembangkan kreativitasnya.

Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah

Bermain juga akan menawarkan berbagai situasi nyata yang membutuhkan pemikiran dan tindakan abstrak, dimana anak harus bertanggung jawab atas perbuatan atau hasil yang mereka buat. Kemampuan anak untuk memecahkan masalah ditingkatkan dengan berbagai situasi, yang juga memungkinkan dia untuk percaya diri menghadapi situasi asing atau menantang di masa yang akan datang.

Meningkatkan Ilmu Sosial

Bermain akan menyediakan banyak keadaan untuk mengembangkan keterampilan sosial. Interaksi dengan berbagai orang yang sebaya maupun tidak membuat bermain akan memberikan pengalaman yang berbeda baik secara mental maupun emosional dan merangsang otak bagaimana cara menghadapinya.

Jadi itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dan menjadikan mengapa bermain sangat penting dalam proses perkembangan belajar anak. Nantikan artikel seputar informasi lainnya dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @AKUBISACLICK ya.

Tidak hanya dari bermain, sekolah juga tetap penting parents! Ternyata sekarang sekolah juga bisa dari rumah aja loh! Bisa free trial class juga parents. Materi belajar selaras sekolah umum. Kalo parent bayar setahun bisa lebih murah di sunnyville.id/akubisa/ loh! Yuk kunjungi websitenya atau untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, hubungi: 0818 0380 8000

Writen by: Putra Wiratama